Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3

»
»
»Tips Mengatasi Tembok Yang Panas Terpapar Sinar Matahari

Tips Mengatasi Tembok Yang Panas Terpapar Sinar Matahari


Tips Mengatasi Tembok Yang Panas Terpapar Sinar Matahari - Pada kesempatan ini Admin akan memberikan tips seputar panas ruangan. Mungkin sebagian dari Pembaca pernah mengalami hal yang menjengkelkan karena panas di ruangan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari pada dinding bagian luar. Maklumlah kita hidup di daerah tropis yang sepanjang tahun dapat menikmati hangatnya sinar mentari. Dimana  ruangan menjadi tidak nyaman untuk dihuni terlebih bila Anda mempunyai anak kecil yang tentunya akan menjadi rewel bila kepanasan. Dan juga dapat menghambat produktivitas Anda apabila ruangan tersebut merupakan ruangan tempat Anda bekerja. Radiasi sinar matahari sebagian akan terserap dan sebagian akan dipantulkan oleh dinding, untuk itu sangat disarankan untuk memilih  warna-warna yang cerah untuk dinding bagian luar rumah Anda. Karena warna yang terang/cerah akan cenderung lebih banyak memantulkan cahaya daripada warna yang lebih gelap.

Untuk langkah pertama mengatasinya Anda dapat mengaplikasikan cat tembok yang khusus digunakan untuk meredam panas, di pasaran ada banyak merek cat yang bisa dipakai. Anda dapat mencari informasinya lewat internet atau dapat juga langsung menanyakan kepada toko material terdekat. Banyak merek yang mengklaim dapat meredam panas hingga 3-5 derajat. Cat ini bersifat lentur, waterbase yang ramah lingkungan  dan juga ada dapat mengisi pori sehingga dapat kita aplikasikan pada logam untuk mencegah korosi, misalnya pada atap dengan media seng.

Anda juga dapat menggunakan AC pada ruangan untuk mengurangi panas, dengan konsekuensi tagihan listrik bulan berikutnya akan membengkak. Bagi Anda yang berkecukupan hal tersebut bukanlah hal besar, tapi bagi yang ekonominya pas-pasan seperti Admin, pastilah sangat memusingkan.

Tips berikutnya, Anda bisa menambah 1 lapisan lagi pada dinding. Tembok rumah dengan 2 lapis batu-bata dahulu sangat lazim di pedesaan, oleh karena itu kebanyakan rumah di pedesaan akan terasa lebih sejuk (disamping masih terdapat banyak pepohonan di kanak-kiri)nya. Dengan adanya 2 lapisan maka panas dari matahari tidak akan menembus dinding, sehingga ruangan yang ada di baliknya akan tetap sejuk. Nah, untuk mengganti pepohonan sebagai pelindung dari sinar matahari Anda dapat memasang tirai atau juga paranet yang banyak dijumpai di pasaran, tetapi harap diingat untuk tidak meletakkan tirai/paranet di depan jendela karena akan membuat ruangan menjadi lebih gelap.

Langkah terakhir yang Admin sarankan adalah dengan menerapkan ventilasi silang pada rumah anda, yaitu dua bukaan ruangan berupa pintu/jendela/lubang ventilasi yang saling berhadapan. Prinsip dari ventilasi silang adalah untuk mengalirkan udara yang bertekanan lebih tinggi/panas ke tempat yang lebih sejuk secara alami. Sebelumnya perlu dilakukan analisis tentang zona udara rumah. Luas lubang ventilasi yang disarankan oleh para ahli arsitektur sebaiknya minimal 5 persen dari luas ruangan/lantai.

Demikian sedikit tips mengatasi tembok yang panas terpapar sinar matahari dari Admin untuk Pembaca yang budiman, untuk tips yang lainnya Pembaca bisa mencari sendiri misalnya tips tampilan ruang keluarga nyaman dan rapi.

 
Artikel "Tips Mengatasi Tembok Yang Panas Terpapar Sinar Matahari" Di Posting oleh: Basri dari Blog Interior Desain Rumah Minimalis, dalam kategori Tips. Melalui permalink http://interiordesainrumahminimalis.blogspot.com/2013/10/tips-mengatasi-tembok-yang-panas.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Saturday, October 19, 2013, pukul 9:26 AM. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3